Cari Blog Ini

My_ISRA Rahmatan Lil'alamin

Jumat, 29 April 2016

7 Rahasia Istighfar


ISTIGHFAR


Definisi Istighfar 
Istighfar berarti permintaan maghfirah, dan maghfirah berarti permintaan kepada Allah supaya dosanya ditutup dan diampuni. Permintaan supaya dosanya ditutup agar tidak diketahui oleh orang lain, sehingga namanya tercemar karena dosa itu. Oleh sebab itu pada hari qiyamat Allah akan berbicara dangan hamba-Nya yang beriman satu persatu untuk menanyakan dosa mereka, lalu mereka mengakui dosanya, dan Allah Subhanahu wa Ta'ala akan berfirman:”Telah Aku tutupi dosa kalian di dunia dan hari Aku ampuni dosa kalian. 
Maka dari itu, salah satu dosa besar adalah seseorang memberitahukan dan menceritakan kepada orang lain tentang dosa yang telah dia lakukan, sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,


( كل أمتي معافى إلا المجاهرين، وإن من المجاهرة أن يعمل الرجل بالليل عملا، ثم يصبح وقد ستره الله، فيقول : يا فلان، عملت البارحة كذا وكذا، وقد بات يستره ربه، ويصبح يكشف ستر الله عنه). أخرجه البخاري عن أبي هريرة 1 - رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ - رقم 6069 ) 
“Seluruh umatku diampuni kecuali al-mujahirun (orang yang terang-terangan berbuat dosa), dan termasauk bentuk Mujaharoh (terang-terangan dalam berbuat dosa) adalah seseorang berbuat dosa pada malam hari, kemudian pada pagi hari dosanya telah ditutup oleh Allah, dia berkata:”Wahai fulan semalam aku telah melakukan seperti ini dan ini (menceritakan dosanya).”Allah telah menutupi dosanya di malam hari, tetapi dia membuka kembali dosa yang telah ditutup oleh Allah tersebut.(Diriwayatkan oleh Imam Bukhari rahimahullah dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu
Istighfar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam 
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah manusia yang senantiasa bertaubat beristighfar kepada Allah, hal ini sebagaimana hadits di atas dan juga hadits berikut ini:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلي الله عليه وسلم يقول: (( والله إني لاستغفر الله وأتوب إليه في اليوم أكثر من سبعين مرة))(57) ( رواه البخاري) 
“Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :”Demi Allah, sesungguhnya aku beristighfar dan bertaubat kepada Allah dalam satu hari lebih dari 70 kali.”(HR.Bukhari) 
Sahabat Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma, menceritakan tentang istighfar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dia berkata:

كنا نعد لرسول الله صلى الله عليه وسلم في المجلس الواحد قبل أن يقوم مائة مرة : رب اغفر لي وتب علي إنك أنت التواب الرحيم (رواه أبو داود والترمذي وصححه)
“Kami menghitung dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dalam satu majelis (sebelum beliau bangun dari majelis tersebut) seratus kali ucapan:

رب اغفر لي وتب علي إنك أنت التواب الرحيم 
(Wahai Rabbku, ampuni aku dan terima taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Penyayang) (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi dan beliau mengatakan hadits ini hasan)

Pada umumnya, kalau orang mau melakukan suatu amalan, akan lebih semangat lagi kalau mengetahui manfaat dari melakukan amalan tersebut. Tidak salah dan sangat manusiawi, juga belum tentu dinamakan tidak ikhlas .banyak juga ayat-ayat dalam Al Quran yang isinya menjelaskan tentang suatu ibadah yang apabila ibadah tersebut dilakukan maka kita akan mendapatkan hadiah tertentu dari Allah.

RAHASIA ISTIGHFAR

  1. ALLAH AKAN MEMBERIKAN AMPUNAN

Hal ini berdasarkan ayat Al Quran surat Nuh ayat 10.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
"Maka aku katakan kepada mereka, beristighfarlah kamu kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun"

Istighfar bisa menghapus dosa. Para ulama membatasi bahwa dosa yang bisa dihapus dengan membaca istighfar adalah dosa-dosa kecil, sedangkan dosa-dosa besar bisa dihapus jika dibarengi dengan taubat nashuha.

وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ
نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرْ اللَّهَ يَجِدْ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمًا

"Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"
(An-Nisa 110)

قال صلى الله عليه وسلم: مَنِ اسْتَغْفَرَ غَفَرَ الله لَهُ وإنْ كَانَ فارّا مِنَ الزَّحْفِ

Nabi Muhammad saww. bersabda : Barangsiapa memohon ampun maka Allah mengampuni kepadanya sekalipun dia lari dari barisan perang. (Kitab Lubabul Hadits)

من قال أستغفر الله في يوم سبعين مرة غفر الله له سبعمائة ذنب، وقد خاب عبد أو أمة يذنب في يوم وليلة أكثر من سبعمائة ذنب
Nabi Muhammad saww. bersabda : Barangsiapa mengucap ASTAGHFIRULLAH setiap hari tujuhpuluh kali, niscaya Allah akan menghapuskan daripadanya sebanyak tujuhratus dosa. Betapa kecewanya lelaki atau perempuan yang membuat dosa pada sehari semalam lebih banyak dari tujuhratus dosa. (Kitab An Nashaaih Ad Diniyah)

وروى معروف الكرخي عن أنس بن مالك وابن عمر: أن رجلاً أتى النبي فقال؛ دلني على عمل يدخلني الجنة؟ قال: لا تغضب، قال: فإني لا أطيق ذلك. قال: فاستغفر الله عز وجل كل يوم بعد صلاة العصر سبعين مرة يغفر الله لك ذنوب سبعين عاماً. قال: فإن لم تأت عليّ ذنوب سبعين؟ قال: يغفر لأقاربك. غفر لنا الله ولأقاربنا

Ma'ruf Al-Karkhi meriwayatkan dari Anas bin Malik ra. dan Ibnu Umar ra. bahwa ada seorang datang kepada Nabi Muhammad saww. dan berkata : Ya Rasulullah tunjukkan padaku amal perbuatan yang dapat memasukkan aku kesurga? Jawab Nabi saww. : Jangan marah. Berkata orang itu : Saya tidak dapat berbuat itu (menahan marah). Maka sabda Nabi saww. : Bacalah istighfar tiap hari sesudah (sholat) ashar tujuh puluh kali, niscaya Allah mengampunkan bagimu dosa tujuh puluh tahun. Orang itu bertanya : Jika dosaku belum mencapai tujuh puluh tahun? Jawab Nabi saww. : Allah akan mengampunkan dosa-dosa keluarga kerabatmu. Semoga Allah mengampunkan dosa-dosa kami dan kerabat kami. (Kitab Irsyadul-'Ibad Ilasabilirrasyad)

حَدَّثَنَا يَزِيدُ أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ عَاصِمِ بْنِ أَبِي النَّجُودِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِي الْجَنَّةِ فَيَقُولُ يَا رَبِّ أَنَّى لِي هَذِهِ فَيَقُولُ بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ

Telah menceritakan kepada kami Yazid, dia berkata; telah mengabarkan kepada kami Hammad bin Salamah dari 'Ashim bin Abu An Nujud dari Abu Shalih dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Allah 'azza wajalla akan mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surga, hamba itu kemudian berkata; 'Wahai Rabb, dari mana semua ini? ' maka Allah berfirman; 'Dari istighfar anakmu.'" (HR. Ahmad No.10202)

  1. MENURUNKAN HUJAN SAAT DIBUTUHKAN

Jika kita mengalami musim kemarau yang berkepanjangan, maka dianjurkan untuk shalat istisqa dan banyak-banyak beristighfar. Insya Allah, hujan akan segera turun dengan derasnya. Jika hujan telah dianugerahkan, maka nikmat lainya akan berdatangan seperti tanah yang subur, tumbuhan yang banyak buahnya serta hewan-hewan yang gemuk, tercukupinya kebutuhan hidup manusia, kesehatan serta anak-anak yang banyak dan sholeh.

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا

"Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu.."  (Q.S Hud : 52) 

Istighfar sebagai penyebab turunnya hujan.

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا. يُرْسِلْ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا
"Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, - sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat"
(Nuh: 10-11)

  1. ALLAH MEMBERIKAN KENIKMATAN YANG BANYAK

Yakinlah bahwa dengan mendawamkan istighfar, kenikmatan akan datang terus menerus.

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ
مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى

"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan..." (Q.S Hud : 3)

قال صلى الله عليه وسلم: كَثْرَةُ الاسْتِغْفَارِ تَجْلُبُ الرِّزْقَ

Nabi Muhammad saww. bersabda : Memperbanyak Istighfar itu dapat mendatangkan (menarik) rizki. (Kitab Lubabul Hadits)

  1. ALLAH AKAN MENURUNKAN RAHMAT

قَالَ يَا قَوْمِ لِمَ تَسْتَعْجِلُونَ بِالسَّيِّئَةِ قَبْلَ الْحَسَنَةِ لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
"Dia berkata: "Hai kaumku, mengapa kamu minta disegerakan keburukan sebelum (kamu minta) kebaikan? Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapat rahmat".
(QS.An naml : 46). 

  1. ALLAH MENJAUHKAN DARI AZAB


"Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun".
 (QS.Al-anfal : 33).


حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو حَدَّثَنَا رِشْدِينُ قَالَ حَدَّثَنِي مُعَاوِيَةُ بْنُ سَعِيدٍ التُّجِيبِيُّ عَمَّنْ حَدَّثَهُ عَنْ فَضَالَةَ بْنِ عُبَيْدٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ الْعَبْدُ آمِنٌ مِنْ عَذَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مَا اسْتَغْفَرَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ

Telah menceritakan kepada kami Mu'awiyah bin 'Amru Telah menceritakan kepada kami Risydin telah menceritakan kepadaku Mu'awiyah bin Sa'id At Tujini dari orang yang bercerita kepadanya dari Fadlalah bin 'Ubaid dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasalam bersabda: "Hamba akan senantiasa terhindar dari adzab Allah 'azza wajalla selama ia beristighfar kepada Allah 'azza wajalla." (HR. Ahmad No.22828)


  1. ALLAH MEMBERIKAN KELAPANGAN DARI KESULITAN DAN RIZKI TAK DISANGKA-SANGKA

"Barangsiapa beristighfar secara rutin, pasti Allah memberinya jalan keluar dalam kesempitan dan memberi rezeki yang tiada terhingga padanya." (HR.Abu Daud).
Allah akan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi mereka yang selalu beristighfar, mendapatkan rasa aman, damai dan ketenangan jiwa. 

وَأَنْ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَى أَجَلٍ
مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ

"Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya".  (Huud : 3)

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الْحَكَمُ بْنُ مُصْعَبٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ حَدَّثَهُ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Telah menceritakan dari Kami Hisyam bin 'Ammar, telah menceritakan kepada Kami Al Walid bin Muslim, telah menceritakan kepada Kami Al Hakam bin Mush'ab, telah menceritakan kepada Kami Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas dari ayahnya bahwa ia bercerita kepadanya, dari Ibnu Abbas bahwa ia bercerita kepadanya, ia berkata; Rasulullah shallAllahu wa'alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah pasti akan selalu memberikannya jalan keluar dari setiap kesempitan dan kelapangan dari segala kegundahan serta Allah akan memberikan rizki kepadanya dari arah yang tidak ia sangka-sangka." (HR. Abu Daud No.1297, Ibnu Majah No.3809 dan Ahmad No.2123).

Barang siapa yang selalu beristighfar, maka Allah akan menjadikan keluh kesah kegembiaran, kesempitan menjadi keleluasaan.  (HR.Ahmad  dan Abu Daud)

  1. MENYEBABKAN MASUK SURGA  

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang didalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal didalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.”
(QS.Ali’Imran: 135-136).


Selain itu terdapat pula hadist tentang memohon ampunan untuk kaum muslim

    أستغفر اللهَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ والْمُؤْمِنَاتِ 
Astaghfirullaaha lilmu’miniina wal-mu’minaat. 27x.

Artinya : Saya memohon ampun kepada Allah untuk orang-orang mukmin dan mukminat.

من استغفر للمؤمنين والمؤمنات كل يوم سبعا وعشرين مرة كان من الذين يستجاب لهم ويرزق بهم أهل الأرض

Abu Darda ra., Nabi Muhammad saww. bersabda : Manistaghfara lil-mu'miniina wal-mu'minaati kulla yaumin sab'an wa 'isyriina marrotan kaana minalladziina yustajaabu lahum wa yurzaqu bihim ahlul-ardhi.
Artinya : Barangsiapa membacakan istighfar untuk mukminin dan mukminat sebanyak 27 kali di setiap hari, maka ia termasuk golongan mereka yg terkabul do'anya dan mereka yg menjadi jaminan rizki Allah bagi para penghuni bumi.". (HR.Ath Thabarani, Didalam Kitab Nashoihul Ibad)

Dilengkapi Penjelasan

* Al Qur’an.
* Hadis 9 Imam (Kutubu Tis’ah).
* Riyadhus Shalihin =>Al Imam An-Nawawi.
* Ihya Ulumiddin => Al Imam Muhammad bin Muhammad Al Ghazali.
* Irsyadul 'Ibad Ilasabilirrosyad => Asy Syaikh Zainuddin Al Maribariy.
* An Nashaaih Ad Diniyah wal washaaya Al Imaaniyah => Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad.
* Risalatul Mu’awanah => Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad.
* Tanbihul Ghafilin => Al Imam Abul Laits As Samarqandi.
* Lubabul Hadits => Al Imam Al Hafidz Jalaluddin Abdurrahman bin Abii Bakar As Suyuthi.
* Tanqihul Qaul => Asy Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al Bantani.


0 komentar: